DEFINISI IKLAN
• Berita pesanan untuk
mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik
pada baran dan jasa yang ditawarkan
• Pemberitahuan kepada khalayak
mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang
dimedia massa seperti koran dan
majalah, atau di tempat-tempat umum
Kata iklan
(advertising ) berasal dari bahasa Yunani, yang artinya kurang lebih
adalah’menggiring orang pada gagasan’Dengandemikian, iklan merupakan suatu
proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang
untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat
iklan.
Jenis Jenis Iklan
Secara khusus, berdasarkan media
yang digunakan :
1. Iklan Cetak
Iklan yang dibuat dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak. Teknik ini
dapat berupa letterpress, photolitography, sablon, inkjet, laser, dll
Beberapa bentuk iklan cetak ini antara lain iklan cetak surat kabar,
majalah, baliho, poster, stiker, dll
v Iklan baris, biasanya
tidak lebih dari 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari saru kolom
v Iklan kolom, memiliki
lebar satu kolom namun lebih tinggi dibanding iklan baris
v Iklan display,
memiliki ukuran lebih luas dibanding iklan kolom
v Iklan advertorial, memiliki
ukuran luas seperti iklan display namun dengan teknik penyampaian pesan lebih
diarahkan pada bentuk seperti sebuah berita
2. Iklan
Elektronik
iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Secara spesifik
iklan elektronik dapat berupa:
v Iklan Radio
Iklan radio memiliki karakteristik hanya dapat didengarkan melalui audio
(suara) saja.
v Iklan Televisi
Sesuai karakteristiknya iklan televisi mengandung unsur suara, gambar, dan
gerak. Oleh karena itu pesan yang disampaikan sangatlah menarik perhatian dan
impresif
v Iklan Media
Digital Interaktif (internet)
Perkembangan Iklan interaktif digital sangat terkait dengan perkembangan
teknologi informasi yang menimbulkan information superhighway.
v Iklan Luar
Ruang (Out-of-Home)
Iklan yang termasuk dalam kategori ini adalah iklan dalam media yang
menjangkau audiens-nya diluar rumah.
Berdasarkan
Bidang Isi Pesan :
1. Iklan Politik
Iklan yang berisi tentang hal yang bersangkutan dengan kehidupan politik
(partai politik, demokrasi, pemilihan pejabat pemerintah, dll)
2. Iklan
Pendidikan
Iklan yang berisi tentang hal-hal yang terkait dengan dunia pendidikan
(Iklan penerimaan mahasiswa baru, pemberian beasiswa, wisuda, dll)
3. Iklan Kesehatan
Iklan yang berisi tentang hal yang bersangkutan dengan masalah kesehatan
(pengobatan alternatif, obat-obatan, rumah sakit, dll)
4. Iklan
Kecantikan dan Perawatan Tubuh
Iklan yang berisi tentang hal-hal yang terkait dengan masalah kecantikan
dan perawatan tubuh (kosmetik, pemutih, shampoo, sabun, pasta gigi, dll)
5. Iklan
Pariwisata
Iklan yang berisi tentang hal-hal yang terkait dengan pariwisata (resort
wisata, travelling, hotel, proyek wisata)
6. Iklan Hiburan
Iklan yang berisi tentang hal yang bersangkutan dengan dunia hiburan atau
untuk tujuan hiburan (iklan pertunjukan, pertunjukan drama/film, konser,
program hiburan dll)
7. Iklan Olah Raga
Iklan yang berisi tentang even olahraga baik yang bersifat massal maupun
perorangan
8. Iklan Hukum
Iklan yang berisi tentang hal-hal yang terkait dengan masalah hukum dan
dibuat untuk tujuan yang berkait dengan hukum (iklan bantahan, peringatan hak
cipta, pemanggilan dll)
9. Iklan Lowongan
Pekerjaan/Recruitment
Iklan yang bertujuan memberikan informasi mengenai tersedianya lowongan
pekerjaan pada institusi tertentu atau bertujuan untuk menarik pelamar
10. Iklan
Dukacita/orbituari
Iklan yang berisi tentang hal-hal yang terkait dengan masalah duka cita,
musibah, atau kesedihan
11. Iklan Pernikahan
Iklan yang berisi tentang hal-hal yang terkait dengan pesta pernikahan
(pemberitahuan, tawaran paket pernikahan, dll)
12. Iklan Media
Merupakan iklan tentang media itu sendiri. Iklan ini ditujukan bagi
masyarakat dan pemasang iklan (penjualan ganda).
Berdasarkan
Wujud Produk yang Diiklankan :
1.
Iklan Barang, yaitu iklan dimana produk yang ditawarkan berupa
barang nyata/berwujud.
2. Iklan Jasa, iklan dimana pesan yang disampaikan berisi informasi dan tawaran tentang
layanan jasa tertentu.
3.
Iklan Barang-jasa, iklan yang menawarkan produk barang
maupun jasa sekaligus.
Berdasarkan
Fungsinya :
1.
Iklan Informasi, iklan yang menitikberatkan isinya sebagai sebuah
informasi untuk khalayaknya
2. Iklan Persuasi, iklan yang menitikberatkan isinya pada upaya memperngaruhi khalayak untuk
melakukan sesuatu sebagaimana dikehendaki oleh komunikator
3. Iklan Mendidik, iklan yang menitikberatkan isinya pada tujuan mendidik khalyak, agar
khalayak mengerti atau mempunyai pengetahuan tertentu dan mampu melakukan
sesuatu.
4.
Iklan Parodi/hiburan, iklan yang dibuat untuk keperluah
hiburan semata.
KESIMPULAN: Iklan menurut saya adalah cara untuk membuat suatu
jasa atau
barang lebih bisa membuat masyarakat tertarik atau
timbul saya ingin tahu dan
kemudian ingin membeli jasa atau produk tersebut. Bisa
berupa Audio atau Video.
0 komentar:
Posting Komentar